PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKNIS PERCEPATAN PENYUSUNAN EVALUASI JABATAN PNS DI KABUPATEN RAJA AMPAT

Kamis, 4 Juni 2021


Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si., memberikan sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis Percepatan Penyusunan Evaluasi Jabatan PNS di wilayah Provinsi Papua Barat, di Kantor Bappeda Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, tanggal 2 Juni 2021. Direktorat Kompensasi ASN/Made Bhasudewa.

Direktorat Kompensasi ASN, Raja Ampat – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi ASN baru saja menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Percepatan Penyusunan Evaluasi Jabatan PNS di wilayah Provinsi Papua Barat, yang diselenggarakan di Aula Kantor Bappeda Pemerintah Kabupaten Raja Ampat pada tanggal 2 dan 3 Juni 2021. Kegiatan bimtek tersebut merupakan bagian dari serangkaian kegiatan program Prioritas Nasional terkait Percepatan Penyusunan Evaluasi Jabatan PNS di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat untuk Tahun Anggaran 2021 yang dijalankan oleh unit kerja yang berada di bawah naungan Kedeputian Pembinaan Manajemen BKN.

Selain memberikan materi tentang penyusunan Evaluasi Jabatan PNS, Tim dari Direktorat Kompensasi ASN yang dipimpin oleh Direktur Kompensasi ASN, Dr. Janry H.U.P. Simanungkalit, S.Si., M.Si. juga memperkenalkan aplikasi Sikejab yakni Sistem Informasi Kamus Kelas Jabatan, yang dirancang oleh Direktorat Kompensasi ASN dan SDM dari Kedeputian SINKA BKN. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu Instansi Pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan penyusunan Evaluasi Jabatan Pegawai ASN di lingkungan Instansi Pemerintah.


Direktur Kompensasi ASN, Dr. Janry H.U.P. Simanungkalit, S.Si., M.Si. saat menjelaskan materi terkait teknis penyusunan Evaluasi Jabatan dalam rangka penetapan kelas jabatan kepada peserta bimtek yang berasal dari 3 Pemerintah Kabupaten di wilayah Provinsi Papua Barat, pada hari pertama pelaksanaan kegiatan, tanggal 2 Juni 2021. Direktorat Kompensasi ASN/Made Bhasudewa.

Pada kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si. tersebut, hadir peserta dari 3 Kabupaten yang diundang untuk mengikuti pelatihan, yaitu Pemerintah Kabupaten Kaimana, Pemerintah Kabupaten Tambrauw, dan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat selaku tuan rumah. Dalam sambutannya, Dr. Yusuf Salim, M.Si menyampaikan apresiasi kepada BKN atas pelaksanaan bimtek dan pengenalan aplikasi Sikejab yang diharapkan dapat mempermudah penyusunan Evaluasi Jabatan ke depannya. “Pemkab Raja Ampat telah memerintahkan pegawai-pegawai yang tugas dan fungsinya berkaitan dengan penyusunan evaluasi jabatan untuk mengikuti kegiatan bimtek ini dari awal hingga akhir dan turut memfasilitasi Tim Direktorat Kompensasi ASN agar dapat berkegiatan dengan lancar hingga usainya kegiatan”, ujarnya pada sambutan kegiatan hari pertama.

Kegiatan bimtek yang berlangsung dari tanggal 2 hingga tanggal 3 Juni 2021 diikuti oleh sekitar 60 peserta dari 3 Kabupaten dan berjalan dengan lancar serta mematuhi protokol kesehatan dengan fasilitasi dan pengawasan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Raja Ampat.

Mengakhiri kegiatan bimtek pada tanggal 3 Juni 2021, Direktur Kompensasi ASN, Dr. Janry H.U.P. Simanungkalit, S.Si., M.Si., mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwakilan Pemerintah Kabupaten yang yang telah berpartisipasi. Acara lalu ditutup oleh Ricardo Umkeketony, S.STP., Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat